menu

Selasa, 27 Desember 2016

Catatan Kuliah or Organisasi

KULIAH atau ORGANISASI
by: Maulana Ainul Yaqin-kun

Wow… ini piihan atau sebuah keharusan yang harus dipilih? Tentunya ini merupakan sesuatu yang harus dipilih dan dijalani oleh setiap mahasiswa. Kenapa tidak…? Sebagai mahasiswa atau pelajar di sebuah Perguruan Tinggi harus melaksanakan perkuliahan karena itu memang sudah menjadi sebuah kewajiban ataupun atuaran yang telah ditetapkan oleh setiap perguruan tinggi. Lalu bagaimana dengan organisasi..?
Istilah wadah untuk sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama ini telah lama lahir dan sangat diakui keberadaannya terutama pada kalangan masyarakat. Hmm…. Kenapa tidak mahasiswa yang mendapat gelar sebagai Aktivis kampus pasti sering sekali terjun di masyarakat sebagai bentuk sebuah pengabdian.
Berbicara organisasi diperguruan tinggi pasti tak lepas dari peran mahasiswa sebagai agent of change yaitu sebagai pembawa perubahan. Mahasiswa yang tergabung dalam sebuah organisasi pasti memiliki softskill yang lebih dibanding mahasiswa umum yang tidak berorganisasi sama sekali. Dari segi intelektual, public speaking, dan sosialnya. Hal tersebut tidak dipungkiri lagi karena didalam organisasi memang sudah dilatih untuk hal tersebut. Lalu bagaimana hubungan kuliah dengan organisasi? Banyak persepsi bahwa organisasi mengganggu kuliah?
 Pasti ada hubungan dari keduanya tapi jika organisasi mengganggu kuliah, itu malah kebalikan deh. Bisa dirasakan sendiri dan diperhatikan sendiri di perkuliahan pasti tampak perbedaan antar mereka yang berorganisasi dengan tidak. Dari segi penyampaian dan wawasan. Diorganisasi itu salah satu wadah untuk belajar, nhaa aplikasinya di perkuliahan. Dan perlu diketahui ilmu yang kita dapat dari perkuliahan hanya 40% dan 60% lagi didapat dari luar. Artinya bisa dikatakan 60% didapat dari berorganisasi dan aktivitas luar lainnya selain di perkuliahan. Kalau tidak percaya bisa buktikan sendiri ok. Ingat gaes lulus dengan nilai baik belum tentu mengantarkan kita pada keberhasilan berkarir. Tapi kualitas skill kitalah yang akan menjadikan nilai baik dan mengantarkan pada kesuksesan berkarir. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar